APA ITU KESELAMATAN DARI TUHAN

Kematian Yesus di kayu salib adalah keselamatan yang universal bagi seluruh dunia ini.  Kematian di salibkan pada masa itu adalah sebuah hukuman yang terberat. Hukuman yang bagi orang-orang yang sudah tidak pantas  lagi hidup  karena kejahatannya atau karena melawan kekuasaan. Yesus disalibkan bukan karena dosanya namun karena dosa manusia dan karena melawan kekuasaan jahat dunia (keinginan jahat dan kesesatan).

Logika keselamatan dalam alkitab paling sedikit dapat dibagi 3.

I. Sola Gratia, keselamatan yang karena telah dipilih Tuhan dari sejak awal dari sejak bumi ini dijadikan. Keselamatan inilah yang diyakini orang Keristen sebagai ANUGRAH yang diberikan khusus kepada orang-orang pilihan Tuhan. Namun siapakah itu? Inilah yang menjadi sebuah pertannyaan dan ini juga dapat menjadi kesombongan bagi orang-orang Kristen, yang mengatakan asal Kristen pasti selamat. Karena pada dasarnya keselamatan yang dinginkan Allah dari awal itu adalah seperti apa yang ditunjukkan oleh Yesus dalam arti Yesuslah yang menjadi Modelnya.

II. Keselamatan di dalam Yesus. Kematian  Yesus menangung DOSA DUNIA merupakan sebuah keselamatan universal. Yesus menyatakan DAMAI di Bumi seperti di Surga. Itu tidak mungkin dapat tercapai jika tidak semakin banyak manusia yang hidup seperti Yesus, menyebarkan kebaikan dan kedamaian bahkan rela mati untuk menanggung DOSA Seluruh manusia.

Kematian Yesus sesunguhnya MEMPERBAHARUI ARTI KESELAMATAN. Yesus membuka jalan agar orang-orang dapat

1.DILAHIR BARUKAN (adalah awal dari pengenalan dalam mengikut Yesus baca kisah Nikodemus Yoh:12)

2.DIBENARKAN (di dalam Yesus kita dibenarkan secara Hukum walaupun kita bisa saja jatuh lagi kedalam dosa)

3.DIKUDUSKAN (di proses didalam Yesus, di dalam hubungan yang intim dengan Tuhan dan dengan manusia)

4. DIMULIAKAN (Kemuliaan kepada manusia adalah dari Tuhan merupakan sebuah hak Tuhan semata)

5.MENJADI ANAK-ANAK TUHAN (Jesus like, semakin seperti Yesus bahkan hingga terangkat ke surga).

Artinya barang siapa yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruslamat, ia layak mendapatkan keselamatan itu. Rahasia Tuhan akan sola gratia (manusia pilihan) dan bukan manusia  pilihan telah menjadi terbuka untuk umum dan menjadi keselamatan yang universal bagi semua manusia.  Sehingga  yang bukan pilihan sekalipun akan selamat karena sudah ada YESUS DENGAN KEMATIANNYA DAN PENEBUSANNYA yang  TELAH MEMPERBAHARUI SISTEM KESELAMATAN ITU. Tentunya kelompok Sola Gratia juga mengalami proses yang sama.

III. Keselamatan yang terserah Tuhan yang maha kuasa, walaupun Yesus mengatakan akulah jalan keselamatan dan hidup dan tidak ada yang sampai kepada Bapa selain melalu AKU. Sebagai manusia kita menyerahkannya kepada Tuhan, Bapa dalam kesatuan ROH.  Agar manusia tidak menjadi hakim bagi orang lain hal keselamatan. Namun siapa yang bertelinga hendaklah ia mendengar.

Dari ketiga Keselamatan ini, keselamatan pertama adalah keselamatan Khusus dan tentunya bagi  mereka yang dipilih sedari awal Tuhan akan menyelamatkanya karena Tuhan YA dan Amen. Bagi keselamtan kedua adalah TERSERAH MANUSIA, karena Tuhan sudah  TURUN TAHTA didalam Yesus dan telah memperbaharui SISTEM KESELAMATN SELURUH MANUSIA, dan semua telah sempurna. Anda mau mengikut Yesus, atau tidak up to one. Dan Yang terakhir adalah ketiga, orang-orang seperti ini sesunguhnya sedang bermain-main dengan keselamtan, namun semua itu terserah Tuhan karena Tuhan bisa memakai siapa saja dan bisa menyelamatkan siapa saja, karena keselamatan seperti in HANYA HAK TUHAN SEMATA.

Mau terima Yesus apa tidak agar bisa selamat semua kembali kepada kita masing-masing.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s