Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu

Amsal 16:3 Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.

Ayat ini menguatkan apa yang sudah kita bahas beberapa hari lalu tentang diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan. Menyerahkan segala perbuatan kita kepada Tuhan adalah wujut lain dari mengandalkan Tuhan. Sama halnya dengan mengandalkan Tuhan mendatangkan berkat maka menyerahkan segala perbuatan kita juga mendatangkan berkat, yaitu segala rencana kita akan terlaksana. Apa yang kita harapkan yang menjadi tujuan dari rencana itu akan tercapai.

Banyak hal yang harus kita korbankan dalam hal menyusun rencana terutama materi dan tenaga. Kita ambil contoh sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dalam menyusun rencana kerja bisa mengeluarkan banyak uang dan melibatkan banyak orang. Akhir tahun yang lalu di tempat kami bekerja mengadakan rapat sampai beberapa hari untuk merencanakan program kerja tahun 2010. Pada rapat final, dana yang dibutuhkan khusus untuk divisi kami mencapai lebih dari 2 M dan melibatkan banyak orang, bagaimana dengan divisi lain? Saya kira hampir sama. Bagaimana kalau tujuan dari rencana ini tidak tercapai? Rugi besar bukan? Satu hal saya mohon kiranya Tuhan memberkati rencana ini agar tercapai sesuai tujuan.

Saudaraku, mengapa kita harus menyerahkan segala perbuatan kita kepada Tuhan? Itu karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dimasa depan. Kita hanya bisa memprediksi sesuai dengan kemampuan analisa kita tetapi yang tahu pasti hanya Tuhan. Tuhan menyatakan itu pada ayat dibawah:

Yakobus 4:13-14 Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.

Banyak orang yang stress karena apa yang di rencakanannya lari dari apa yang diperkirakannya. Mereka stress karena tidak habis pikir kenapa perencanaan mereka bisa lari padahal recana itu sudah dipertimbangkan dan di analisa masak-masak. Secara logika seharusnya mereka mencapai keuntungan tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Akbatnya mereka kehilangan segalanya.

Jika hal itu pernah terjadi pada diri kita mari kita koreksi apakah kita menyerahkan rencana itu kepada Tuhan. Apakah kita hanya mengandalkan kekuatan dan kehebatan kita?. Ingat, kita telah membahas tentang “diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan dan terkutuklah orang yang mengandalkan manusia”. Jika kita mengandalkan Tuhan maka kita akan menuai berkat, tetapi sebaliknya jika kita mengandalkan kekuatan kita maka siaplah untuk kecewa karena kita tidak menuai hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan. Lalu apa yang harus kita perbuat?                                                                Mari kita perhatikan ayat dibawah :

Yakobus 4:15 Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.”

Oleh sebab itu mari andalkan Tuhan, mari menyerahkan segala perbuatan kita dan mengandalkan Tuhan Tuhan dalam hidup kita maka segala yang kita rencanakan akan Tuhan berkati. Tuhan Yesus memberkati. Amin

Dikutip : http://www.renungan-kristen.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s